STUDI KASUS: TIBBETT LOGISTICS, SEMI-TRAILER TRUCK GPS MONITORING

Tentang perusahaan

Didirikan pada tahun 2010 dan diakuisisi oleh perusahaan Jepang bernama Yusen Logistics pada tahun 2016, Tibbett Logistics menawarkan solusi logistik intermodal dan juga layanan tambahan untuk manajemen penyediaan mobil, DIY, makanan, tekstil, industry ritel, dan sektor lainnya di Rumania dan di beberapa daerah eropa selatan – timur. Keahlian dalam manajemen supply chain, logistik,  penyimpanan, transportasi dan distribusi, transportasi barang internasional, dan co-packing­ merupakan kegiatan utama yang memastikan perkembangan konstan bisnis Tibbett Logistics.

Tujuan perusahaan adalah untuk menawarkan layanan dengan kualitas terbaik dalam kondisi yang aman dan untuk memenuhi persyaratan transportasi dan distribusi yang ketat oleh para pelanggannya.

Tantangan muncul

Tibbett Logistics memiliki 130 armada kendaraan bersama dengan truk terpal semi-trailer, truk semitrailer yang suhu nya harus di kontrol (bicameral/tricameral), kontainer shipping dan kontainer intermodal yang digunakan dalam berbagai operasi transportasi. Untuk pengirim aktualnya, Tibbett Logistics menggunakan Truk 20 ton yang melakukan pengiriman dengan rata rata 5000 unit per hari.

Mengelola armada kendaraan dengan jumlah yang besar dan juga mengelola aktivitas untuk setiap kendaraan merupakan tantangan yang luar biasa bagi tim manajemen kendaraan. Semua aspek tersebut memicu kebutuhan untuk menemukan solusi yang tepat untuk pengawasan dan pemantauan truk semitrailer untuk masalah keamanan dan untuk memenuhi persyaratan pengangkutan yang ketat.

Solusi TrackGPS

Dengan demikian, agar kebutuhan Tibbett Logistics untuk memantau truk semitrailer dan kontainernya dapat dipenuhi, TrackGPS telah mengimplementasikan sebuah solusi pemantauan dan manajemen kendaraan dan kontainernya. Solusi tersebut mulai diimplementasikan pada awal mula tahun dan membahas mengenai manajemen real time dan kontrol biaya aktivitas kendaraan saat pengiriman.

Solusi tersebut merupakan Langkah besar menuju optimalisasi aktivitas armada kendaraan, tetapi masih ada sedikit masalah mengenai kurangnya pemantauan container ketika terlepas dari truk semitrailer.

Setelah 6 bulan megimplementasikan solusi tersebut, karena permintaan khusus dari manajemen Tibbett Logitics, tim TrackGPS mengembangkan solusi khusus untuk masalah tersebut. Solusi yang dikembangkan tersebut memungkinkan perusahaan untuk memantau lokasi container truk semitrailer secara online, dan juga ketika kontainer tersebut tidak terpasang lagi oleh truk semitrailernya, lebih khususnya ketika container tidak mendapat tegangan listrik untuk memungkinan melakukan pelacakan melalui alat perangkat standard.

Manfaat setelah implementasi

Solusi ini terdiri dari pemasangan sensor magnetic untuk di pintu dan baterai internal perangkat ATS yang otonom hingga 4-5 hari.

Sensor sensor ini akan merekam semua operasi pemuatan dan pembongkaran barang dengan mengetahui kapan dan dimana pintu kontainer dibuka. Dengan demikian, manajer armada kendaraan memiliki semua alat yang diperlukan untuk mengidentifikasi kejadian atau peristiwa yang tidak diinginkan seperti pencurian atau sabotase.

Selain itu, aplikasi TrackGPS dapan menghasilkan laporan lengkap ketika container masih tersambung dengan truk atau tidak sehingga identifikasi operasi pelepasan dan pemasangan container menjadi lebih transparan.

Terakhir, aplikasi TrackGPS juga menawarkan data lokasi atau jarak tempuh truk semi trailer dalam jenjang waktu tertentu.

Dengan menggunakan sensor ini, pemantauan dan kontrol menjadi lebih ketat karena sensor tersebut masih berfungsi walau kontainer tidak sudah tidak terkonseksi dengan truk.

Dengan cara ini, jarak tempuh truk semitrailer, pelacakan truk semi trailer secara real time, dan data mengenai aktivitas buka/tutup pintu telah tercakup.

Artikel dari kategori:

Studi kasus

Tambahkan komentar

Kategori

Arhive